Butanya Anggota Melihat "Loyalitas dan Kebersamaan" Ala Asafa !

BY  M Wahyu Candra  ON JUNI  10, 2017

Organisasi merupakan sarana untuk sekumpulan individu yang memiliki kesamaan tujuan dan sasaran tertentu di bidang yang sesuai dengan kompetensi para anggotanya. Hal ini merupakan salah satu kebutuhan manusia untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan sesamanya. Dengan berorganisasi, setiap individu dapat belajar untuk mengutamakan kepentingan organisasi dari pada kepentingan pribadi mereka sehingga proses pembentukan karakter dari lingkungan organisasi ini sangat mempengaruhi keputusan dan tindakan yang dilakukan oleh anggota dari suatu organisasi.
Hal yang sangat penting dan fundamental di dalam sebuah organisasi adalah LOYALITAS dan KEBERSAMAAN dari setiap anggota dan pimpinannya yang akan sangat menentukan kemajuan dan perkembangan organisasi mengingat adanya berbagai tantangan yang seringkali dialami oleh sebuah organisasi. Tanpa adanya loyalitas dan kebersamaan, maka sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan baik bahkan terkadang tidak akan mampu bertahan apabila di dalamnya tidak diterapkan sikap loyal dan kebersamaan dengan baik.
Hal ini dapat dikatakan sebagai kesetiaan terhadap organisasinya. Apabila para anggota organisasi memiliki kesetiaan / loyalitas terhadap organisasinya, maka ia akan merasa memiliki kesadaran akan kewajiban untuk menggunakan semua fasilitas, kemampuan serta sumber daya yang dimilikinya demi kemajuan organisasinya. Semua itu dapat terlihat dari para anggota organisasi yang selalu mentaati peraturan atau kesepakatan yang telah ditentukan baik tertulis maupun lisan. Ia akan mendukung setiap program kerja organisasi yang telah dijalankan dan akan mengerjakan bagiannya dengan baik dan penuh tanggung jawab. Tentunya terkadang memerlukan pengorbanan baik secara materi maupun waktu yang seringkali tidak dapat diterima oleh mereka yang tidak memiliki kesetiaan / loyalitas terhadap organisasinya.
Disamping loyalitas, di dalam berorganisasi juga memerlukan sebuah KEBERSAMAAN, dimana dapat diartikan sebagai semangat kesatuan, sehati, sepikir dan sepenanggungan dalam menjalankan aktivitas organisasi. Akan tetapi terkadang di dalam melaksanakan program kerja organisasi tidak semua anggota memiliki kesamaan sistem / metode dalam mengerjakan bagiannya sehingga hal ini membuat kemajuan dan perkembangan organisasi menjadi terhambat. Keinginan-keinginan untuk memanfaatkan keadaan dan fasilitas yang dimiliki sebuah organisasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja seorang anggota organisasi. Semua itu banyak ditemukan di berbagai bidang pekerjaan yang mengharuskan pimpinan organisasi untuk melakukan kegiatan pencegahan secara kooperatif sebagai berikut :
1.  Pemberian pengetahuan tentang organisasi dan kepemimpinan melalui seminar / workshop dengan menghadirkan nara sumber yang sesuai dengan bidang organisasi,
2.  Memberikan informasi tentang sejarah pendirian organisasi,
3.  Menjadi teladan bagi bawahan dalam hal sikap berjiwa besar, menghargai kiritik dan saran yang membangun demi kemajuan organisasi. 
Berbicara loyalitas maka perlu dipahami dulu arti/ definisi loyalitas.  Definisi loyalitas dalam prakteknya seringkali dijabarkan dengan sangat berbeda-beda. Menurut kamus bahasa Indonesia maka pengertian loyalitas sesungguhnya merupakan kepatuhan dan kesetiaan. Selain itu Loyalitas juga bisa dikatakan setia pada sesuatu dengan rasa cinta, sehingga dengan rasa loyalitas yang tinggi seseorang merasa tidak perlu untuk mendapatkan imbalan dalam melakukan sesuatu untuk orang lain/organisasi tempat dia meletakkan loyalitasnya. Secara etimologis kata loyalitas selain mengandung unsur kepatuhan dan kesetiaan ternyata juga mengandung banyak unsur dimana unsur-unsur tersebut saling bersinergy dalam membentuk loyalitas seseorang.       
Melihat dari arti kata diatas menunjukkan bahwa dalam loyalitas terkandung beberapa unsur diantaranya pengorbanan, kepatuhan, komitmen, ketaatan dan kesetiaan. Hal ini menunjukkan bahwa terbentuknya sikap loyal melalui proses yang sangat rumit karena dipengaruhi interaksi dua belah pihak. Mengacu dari pengertian loyalitas diatas dapat dikatakan bahwa seseorang dikatakan memiliki loyalitas jika seseorang tersebut memiliki kepatuhan dan kesetiaan terhadap organisasi/seseorang. Asafa sebagai oraganiasi yang saat ini berkembang melesat di UNIM Mojokerto dan itu semua tidak lepas dari inginnya pembaharuan dan benar-benar mementingkan masyarakat dari pada dirinya sendiri entah itu dalam segi materi maupun waktu. Perubahan itu bukan hanya secara struktural tetapi juga kultural. Sikap atau orang sering menyebutnya dengan attitude merupakan suatu pernyataan evaluatif baik menyenangkan maupun tidak menyenangkan terhadap obyek, individu ataupun peristiwa. Hal ini mencerminkan bagaimana perasaan seseorang terhadap sesuatu. Sikap tersebut sangat rumit karena untuk memahaminya kita harus mempertimbangkan karakteristik fundamental dari individu. Sikap memiliki tiga komponen yaitu kesadaran (cognitif component), perasaan (afektif component) dan perilaku ( behavioral component).
Adapun proses pembentukan loyalitas menurut Oliver (1997:392) melalui empat tahapan yaitu :
1. Cognitive Loyalty ( Kesediaan berdasarkan kesadaran )
2. Affective Loyalty ( Kesetiaan berdasarkan pengaruh )
3. Conative Loyalty ( Kesetiaan berdasarkan komitmen )
4. Action Loyalty ( Kesetiaan dalam bentuk tindakan )          
Setiap anggota harus mengetahui bahwa empat poin tersebut harus benar-benar di aplikasikan, dan perlu diingat kebanyakan anggota setelah berproses didalam organisasi dan mereka merasa pintar tapi dalam poin ke-4 jarang sekali dilakukan oleh setiap anggota.            
Entah kenapa didalam diri manusia selalu mempunyai sifat seperti itu, apakah harus ada materi tentang “Loyalitas dan Kebersamaan”. Kemudian benar-benar ditekankan “dalam tanda kutip”  setiap anggota tidak merasa terbebani dengan sangat berat. 
Banyak sekali organisasi dari luar terlihat tentram dan terlihat sangat berjaya, tapi secara hakikatnya masih banyak yang belum mengaplikasikan tentang “Loyalitas dan Kebersamaan”. entah mereka tidak suka ? Tidak nyaman dalam kepemimpinannya ?  dan apakah memang sangat meremehkan kepemimpinannya ? !!!
Hanya ada 2 ( Dua ) yakni : 
1. Karena memang seorang pemimpin tidak mau mencari tau kondisi anggota yang sebenarnya.
2. Karena memang anggota kurang mengerti, mengabdi, dan karena tidak terlalu peduli terhadap organisasi.
Semoga dengan adanya artikel ini semua orang yang memasuki organisasi dan mau berproses dengan sungguhan, benar-benar sadar akan pentingnya sebuah “Loyalitas dan Kebersamaan”demi kepentingan masyarakat yang nantinya akan kembali kepada diri sendiri.

Deskripsi : Sebuah kejadian-kejadian yang sering di lenakan oleh setiap anggota yang ada didalam organisasi, dan kejadian tersebut apakah setiap organisasi harus ada materi tentang “Loyalitas dan Kebersamaan” supaya setiap anggota yang mengikuti organisasi dengan proses yang sungguhan.



Sponsor Umum III

Sponsor Umum IV