ASAFA icon UNIM


BY  M Wahyu Candra  ON MAY  19, 2017



Mojokerto adalah salah satu kota tempat berkumpulnya mahasiswa-mahasiswa Indonesia dalam arti kota mohjokerto adalah salah satu kota yang banyak sekali universitas-universitas yang berdiri di dalamnya. Universitas Islam Majapahit salah satunya. Universitas Islam Majapahit adalah sebuah universitas berjati-diri religius kultural dengan kelayakan akademik dan institusional sebagai sasaran awal, menuju keunggulan akademik dan institusional, sebagai sumbangan kecil menjadikan Islam rahmatan-lil ‘alamin. Sebagai salah satu Universitas Islam Majapahit Mojokerto, tentunya UNIM membutuhkan generasi yang siap bersaing di Era global dengan menjunjung tinggi nilai-nilai islami. Dan perlu diketahui, UNIM mojokerto memiliki banyak sekali Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), salah satunya adalah ASAFA.

Sholawat Al-Banjari Asadul Fataa atau biasa disebut ASAFA didirikan oleh sekelompok mahasiswa UNIM dibidang minat bakat ( BEM FAI ), yang awalnya bertujuan untuk menjadi wadah bagi mahasiswa yang masuk ke fakultas agama islam kemudian akhirnya di bentuk menjadi wadah yang terbuka bagi semua mahasiswa-mahasiswa UNIM yakni Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). berbicara mengenai ASAFA, ASAFA adalah sebuah organisasi atau Unit Kegiatan Mahasiswa yang ada di Universitas Islam Majapahit Mojokerto. ASAFA adalah sebuah organisasi yang berdiri dibawah naungan Rektor Universitas Islam Majapahit Mojokerto. ASAFA berdiri pada tanggal 27 April 2007, yang mana pendirinya adalah mahasiswa UNIM sendiri yang sekarang menjadi dosen merangkap jadi ketua LPPAI dan Pencetus nama asafa  waktu itu juga mahasiswa UNIM yang merangkap jadi Koordinator bakat minat di BEM FAI UNIM.

ASAFA mempunyai tujuan yaitu membina kesadaran mahasiswa untuk bertanggung jawab dalam mengembangkan seni budaya islam di Indonesia, guna:
a.    Mengabdi kepada Tuhan Yang Maha Esa, bangsa dan negara
b. Memupuk Kreativitas dan mengembangkan kecintaan terhadap seni budaya  Indonesia
c.    Mewujudkan kreativitas mahasiswa yang mempunyai minat bakat dan seni

dan ASAFA ini berorientasi pada “kesenian islam” Visi ASAFA, Menggali dan Menumbuh kembangkan minat dan bakat seni sholawat sebagai wujud tanggung jawab moral dalam melestarikan seni budaya Islam di Indonesia. Sedangkan Misi ASAFA, Menjadikan seni sebagai sarana untuk lebih mencintai Allah SWT, Rosulullah, Alam, dan sesama manusia, Mengenalkan Univesitas Islam Majapahit  pada masyarakat secara luas, Mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan serta persaudaraan sesama umat islam (Ukhuwah Islamiyah), Menumbuhkan rasa cinta, syukur dan ikhlas serta tawakal kepada Allah SWT dan mengharapkan ke-ridhoan-NYA dan Menumbuhkan kecintaan kepada Rasulullah Muhammad SAW dengan menjalankan sunnahnya guna memperoleh sya’faat nabi Muhammad SAW.

Dalam menjawab tantangan arus global yang makin lama makin mengerus nilai islami, ASAFA mulai dari tahun 2015 selalu berbenah dan berbenah dari rana intern, terbukti dengan berbenahnya dirana intern pada tahun 2016 mulai menata atau berbenah di rana ekstern dengan membuat program yang sangat menarik dan tentunya menggembirakan bagi masyarakat UNIM yakni berani membuat agenda yang sifatnya mengajak bersholawat bersama masyarakat jawa timur ( Festival Sholawat Al-Banjari Se-Jawa Timur ) dan lebih menariknya lagi, ASAFA pada tahun 2017 benar-benar benunjukkan dedikasi dan keloyalitasannya sebagai mahasiswa yang benar-benar  mengedepankan rasa persatuan dan kesatuan serta persaudaraan sesama umat islam (Ukhuwah Islamiyah), Yakni Dies Maulidiyah Asadul Fataa X dalam program tersebut di kemas dengan dua kegiatan, FESBAN JARUM JATIM ( Festival banjari tingkat pelajar dan umum se-jawa timur ) dan pada puncak acara tersebut ada (Ngaji seni bareng) dalam kemasan yang kedua tersebut ASAFA mendatangkan sosok yang sangat luas biasa di masyarakat dunia ( Sastrawan Profetik Internasional ) yakni KH. D. ZAWAWI IMRON dari Madura penulis buku puisi celurit emas, tidak hanya satu narasumber sobat,  ASAFA juga mendatangkan ketua dewan kesenian jawa timur yakni Taufiq Hidayat atau di kenal masyarakat dengan panggilan Taufiq Monyong dan Agenda (Ngaji seni bareng) tersebut di muroqib i (Moderator) oleh ketua LESBUNI NU mojokerto yakni mas Chamim Kohari.

Sebuah pembaharuan yang sangat luar biasa untuk ASAFA terutama kampus tercinta, kampus hijau panorama yakni UNIM, kalau program tersebut sebuah promosi bagi ASAFA terhadap masyarakat jawa timur bahkan nasional maka program tersebut sebuah penyempurna’an bagi UNIM untuk masyarakat indonesia yang selama ini belum menyeluruh dikalangan masyarakat Indonesia.

ASAFA memang organisasi yang selalu membuat pembaharuan/perubahan di setiap langkahnya, terbukti dari program diatas kalau 2016 mengadakan Dies Maulidiyah Asadul Fataa IX dengan hanya di kemas satu acara, maka tahun 2017 dalam rangka Dies Maulidiyah Asadul Fataa X di kemas menjadi dua acara, bahkan dalam acara yang pertama yakni Festival Banjari dalam tahun ini mengemasnya dengan dua kategori. Bukan hanya program itu saja sobat, program memperingati maulid nabi Muhammad pun, ASAFA membuat agenda PELASEM ( Pengajian dan Lailatus Sholawat Tingkat Perguruan Tinggi Se-Mojokerto ), tentunya agenda PELASEM ini asing bagi masyarakat jawa timur karena acara ini baru yang pertama kali di mojokerto.

Dalam sebagian program-program yang kami cantumkan di artikel ini tentunya ASAFA selalu mengaplikasikan sebuah nilai-nilai atau tujuan yang harus di aplikasikan pada ASAFA yakni Menjaga, melestarikan dan Mengembangkan Seni Islami, sama dengan Nilai Utama UNIM yakni  Universitas Islam Majapahit (UNIM) didirikan, diselenggarakan dan dikembangkan berdasarkan keyakinan dan semangat Islam rahmatan lil’alamin, dan rasa tanggung-jawab untuk ikut-serta mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan UNIM selalu berpedoman pada nilai utama (essential values), kebenaran, kebaikan, keadilan, kesejahteraan dan keindahan, dan nilai piranti (instrumental values) kehidupan bersama saling mencintai, saling membantu, dan saling memaafkan.


Semoga Artikel ini bermanfaat bagi masyarakat Indonesia khususnya generasi-generasi pejuang di ASAFA dan jangan bosan-bosan membaca arikel yang kami luncurkan karena kami tidak berhenti pada artikel ini saja, Insyaallah. Aamin.   

Sponsor Umum III

Sponsor Umum IV